Wisata Budaya dan Wisata Alam di Bekas Ibukota Sunda Kecil

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa di masa lalu, Singaraja merupakan kota penting di Bali dalam sejarah perkembangan terutama dalam keagamaan dan pra kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga sampai saat ini masih dapat dijumpai beberapa peninggalan berupa bangunan-bangunan yang mewakili ciri khas atau gaya pada jaman tersebut karena beberapa dekade lalu Singaraja pernah menjadi Ibukota Sunda Kecil.

Salah satu ikon yang hingga saat ini hanya ada satu di Bali yaitu di Singaraja adalah Eks. Pelabuhan Buleleng, yang di masa lalu dikenal dengan nama Pabean. Eks. Pelabuhan Buleleng ini dulunya merupakan pelabuhan bongkar muat komoditi ekspor impor, tidak hanya antar kerajaan tapi sudah menjangkau hingga luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu, kawasan ini sempat terbengkalai selama beberapa dekade. Baru pada tahun 2012, kawasan ini ditata ulang agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Uniknya, masih dalam satu kawasan yang sama, terdapat klenteng yang berdampingan dengan bangunan-bangunan kokoh peninggalan Belanda. Selain itu juga ada jembatan kolonial yang membingkai apik kawasan bersejarah ini.

IMG_0080

patung yg mengingatkan pejuang tewas saat melawan penjajah

Tidak jauh dari kawasan Eks. Pelabuhan Buleleng ada juga tinggalan budaya bernuansa Islam seperti Masjid Keramat yang dibangun oleh putra dari Raja Buleleng. Kemudian Masjid Nur dengan menara kolonialnya yang menjadi bukti akulturasi yang tersisa dari masa lalu. Ini menerangkan bahwa Singaraja sejak masa lampau merupakan daerah yang terbuka akan pengaruh luar namun tetap tidak meninggalkan unsur budaya Hindu yang menjadi akar di Pulau Bali ini. Keindahan yang ada di depan mata ini tidak bisa dijumpai di banyak tempat, karena beberapa unsur sejarah penting bergabung menjadi satu di lingkup yang tidak terlalu besar. Tidak ada salahnya menikmati wisata budaya sekaligus mempelajari sejarah bangsa sendiri, terutama jika mengajak anak-anak sebagai penerus generasi bangsa untuk terbiasa melihat dan memahami budaya dari masa lampau. Untuk memasuki kawasan Eks. Pelabuhan Buleleng yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng tidak dikenai biaya kecuali parkir Rp.2000,-

P3030115.JPG

T.I.T.D Tri Dharma tampak depan

Untuk mencapai lokasi wisata budaya ini jika berasal dari luar Pulau Bali dapat menggunakan jalur udara yang jumlah penerbangan menuju ke Bali sudah bervariasi tidak hanya jam terbang namun juga pilihan harganya. Maskapai penerbangan yang menjadi pilihan seperti Garuda Indonesia, Air Asia, Lion Air, Sriwijaya dan maskapai luar negeri yang setiap harinya selalu membawa banyak orang untuk mengunjungi Bali. Singaraja terletak di Bali Utara, kalau dari bandara menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Perjalanan ini dapat dilalui dengan motor, mobil maupun kendaraan umum, apalagi sekarang sudah banyak kendaraan yang bisa disewa. Penginapan di sekitar kawasan Eks. Pelabuhan ini pun ada banyak pilihannya, sesuai dengan preferensi wisatawan.

Selain itu jika pengunjung datang dari arah bandara, anda pasti akan melewati salah satu objek wisata alam yang setahun belakangan ini sedang naik pamor karena keindahannya yang masih alami. Air terjun yang disebut masyarakat sebagai secret garden ini bisa dijangkau dari jalur Desa Ambengan. Cukup merogoh kocek Rp. 5000,- per orang, anda bisa menikmati keindahan air terjun yang aliran airnya cukup deras ini. Sangat sayang untuk dilewatkan jika anda berada tidak jauh dari rute ini, karena pemandangan yang ditawarkan sepadan dengan upaya pengunjung untuk bisa sampai ke air terjun yang letaknya tersembunyi di antara bebatuan. Jadi dengan datang ke Singaraja, tidak hanya wisata budaya saja yang dapat dinikmati, wisata alam yang belum terjamah banyak orang pun ada di sini, ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

IMG20150228120652

berpose di sekitar secret garden

Tempat wisata yang ingin saya kunjungi di tahun 2016 ini adalah Pulau Morotai. Pulau yang termasuk dalam salah satu pulau terluar nusantara ini adalah bagian dari Provinsi Maluku Utara. Sebagai pulau terluar Indonesia, saya rasa Pulau Morotai masih belum tersentuh oleh banyak tangan sehingga alamnya masih indah. Tempat ini dapat dicapai via Ternate, dari Ternate naik kapal semalam dan keesokan harinya akan sampai di Pulau Morotai. Satu hal yang membuat saya tertarik selain pemandangannya yang luar biasa indah, pulau ini menyimpan sejarah penting dalam Perang Pasifik, Morotai dijadikan tempat persembunyian Jenderal Amerika MacArthur pada saat itu.

IMG-20160121-WA0001

Pantai Dodola Pulau Morotai

Bagi saya pribadi, jalan jalan tidak hanya untuk sekedar cuci mata tapi juga menambah wawasan. Jadi jangan berdiam diri lagi, kenali dan cintai negerimu sendiri dan selamat berjalan-jalan !

Tirta yatra bulan ini

image

Ini tampak depan Mandara Giri Semeru Agung 10.07.2015
Sehari sebelum puncak piodalan

image

Selfie sebelum ibu ngaturang ngayah mekidung

Makasi buat kesempatan tangkil thn ini
Thn lalu dtg pas nyineb krna macet rombongan mudik bali-jawa
Thn ini naik bus ikut disdukcapil kab.buleleng yg kebetulan beberapa kursi di bus masih kosong,makanya nerima tawaran Om Arya sm Tante Ayu buat ikut

Makasi buat pelayanan yg really amazing dr Bali Nadipa Tour n Travel
Sabar menghadapi beberapa masalah tak terduga termasuk ocehan usil para penumpang
Expert banget dah ,two thumbs up
Rekomendasi untuk menggunakan jasa mereka

image

Penampakan bus yg berjejer dr utara ke selatan,foto ini diambil pas dr depan penginapanku sm ibu
Seneng bgt liat antusiasme para pemedek yg mayoritas berasal dari Bali
Dari para pegawai pemerintahan yang jadi pengayar sampe orang umum

Semoga tahun tahun berikutnya bisa tangkil lagi sama keluarga lengkap
Swaha O:)

Hai

image

Halo semuanya
Makasi buat visitor yg berkunjung ke blog ini walaupun sempat vakum beberapa saat yaa

Mulai sekarang,sebisanya bakalan posting langsung dr smartphone aja deh supaya praktis

Be happy yaaa o(^o^)o

bali safari and marine park \(^^)/

ini foto di deket information center setelah turun dari trem pertama

ini foto di deket information center setelah turun dari trem pertama


tanggal 13 juni lalu, aku sama rombongan anak TK laksamana (sama ortunya juga sih sbenarnya) :p
tamasya ke Bali Safari and Marine Park, yg lokasinya di Gianyar

turun dari bus di parkiran trus langsung masuk ke entrance gate stlh pasang kertas sticker di pergelangan tangan
periksa tas karena ga boleh bawa makanan minuman, berhubung gianyar panas jadi ya beli apa-apa di dalem aja
harganya yaa taulah ya stinggi langit..hehehehhe

nanti per rombongan naik trem buat dianterin ke bagian utamanya
karena pas banget sampe sana hampir jam 11 siang, jadi buru-buru gabung kerumunan orang yg siap siap nonton education show

first time pegang ular piton,gede buanget..rasanya kaya pegang kulit ayam tapi lebih kenyal

first time pegang ular piton,gede buanget..rasanya kaya pegang kulit ayam tapi lebih kenyal

setelah education show langsung buru-buru (lagi) ke kampung gajah karena ada education and conservation program
cocok bgt untuk acara anak-anak dan keluarga
tempatnya juga cozy,liat ada gajah yg lg berendem di kolam kaca
IMG_1890

sumpah gajah ini pinter banget diajak akting..bahkan bikin pengunjung sedih,senyum dan ketawa sama aksi teaterikal di bawah sinar matahari itu😀

keponakanku,aku dan si gajah bella

keponakanku,aku dan si gajah bella

setelah makan siang di kampung gajah, diajak muter-muter jalan kaki sama mbak pemandu yg sabar dan baik hati
liat petting zoo, white tiger, dll (maaf ga inget semua)
walaupun panes tapi adem yaa..krna angin lumayan kenceng
terus ada percikan air dari pipa untuk penyejuk

aku kira perjalanan bakal selesai,,,ternyata diajak naik trem lagi untuk liat bermacam-macam satwa dari tiga tema daerah yang berbeda
pertama dari Nusantara terus India, terakhir Afrika

over all..puas banget
soalnya binatang-binatang ini jelas terlihat aktif
apalagi mbak pemandu sempat bilang ada beberapa jenis binatang yang masa hidupnya bisa lebih lama kalau hidup di kebun binatang seperti ini..

sebelum masuk kampung gajah

sebelum masuk kampung gajah

buyan lake festival =)

welcome to buyan lake festival 2014

welcome to buyan lake festival 2014

tanggal 20-22 Juni lalu ada satu festival yang baru pertama kali diadakan di danau buyan
so, nama acara kali ini yaitu buyan lake festival 2014 (tp di main gate di atas namanya lake buyan festival yaa?)

acara yang diadakan oleh dinas peternakan dan pertanian (bener ga ya?), lumayan diminati oleh pengunjung sekitar maupun wisatawan domestik dari wilayah lain yg kebetulan lewat daerah sana
waktu pengadaannya juga pas musim liburan, jadi ruameeee banget yg dateng

kebetulan aku sama temen yg tinggalnya ga jauh dari lokasi, udah janjian dr jauh hari sebelumnya
dan kita sempat datang sekali pas acara penutupan doang

one of my bestfriend, dian

one of my bestfriend, dian

ada promosi dari hotel/villa/resort yang berasal dari wilayah sana,makanan gratis,stand hasil-hasil bumi,bunga-bunga hasil produksi petani, lomba-lomba yang semakin menarik minat pengunjung

my favorite flower ever

my favorite flower ever

seger banget kan?ini mawar jadi salah satu bagian dekorasi yg udah dipasang berhari hari lalu

seger banget kan?ini mawar jadi salah satu bagian dekorasi yg udah dipasang berhari hari lalu

walaupun baru diadakan pertama kali tapi pengamanan dan pengaturan kendaraan itu udah bagus banget
katanya sih bakal jadi annual event,smoga bener yaaa
karena aku mau dateng tiap tahun ke acara kaya gini
heheheheheehe

tunggu event event lain yg (klo sempet) aku kunjungi, bakal diposting di sini

pokoknya hidup deh acara rakyat!!🙂
oia,,,sebagai salah satu warga buleleng, terima kasih sudah mengadakan acara ini yaaa panitia
good job😀
tahun depan jangan cuma tiga hari dong,,seminggu lah minimal..hohoho

hahahihi sama pedagang stroberi..beli dua cuma 15 ribu lhooo..seger dan guedeee banget

hahahihi sama pedagang stroberi..beli dua cuma 15 ribu lhooo..seger dan guedeee banget